Sunday 4 October 2015

Otobiografi : All About Me



Nama saya  Chandra Achmad Yanuar, biasa di panggil Chandra. Saya lahir di Bekasi, 29 Januari 1994, Saya anak pertama dari dua bersaudara, Ayah saya Syarifudin dan Ibu saya Maneng. Ayah saya adalah seorang Musisi sebagai Gitaris juga sebagai Pegawai Desa yang tergabung dalam BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan Ibu saya  seorang Ibu Rumah Tangga. Saya mempunyai satu adik perempuan yang bernama Nabila Septyana yang baru berumur 10 Tahun.

Pada saat umur 6 tahun Saya memulai karir pendidikan di jenjang SD Negeri 03 Wanajaya, yang berada di Desa Wanajaya, selesai pada tahun ajaran 2006/2007 jenjang SD dan mendapatkan ijazah. Saya melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu di SMP, Saat SMP Saya bersekolah di SMP  Negeri 02 Cibitung, yang berada Jalan Bosih Raya, Perumahan Grama Puri. Di SMP saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya, Setelah 3 tahun  tepatnya pada 2009/2010 saya menyelesaikan pendidikan di SMP dan saya mendapatkan izajah SMP. kemudian di lanjutkan kejenjang berikutnya yaitu di SMK Negeri 1 Kabupaten Bekasi , yang berada di Jalan Teuku Umar No. 01 Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Disitulah Saya mengenakan seragam putih abu-abu dan menuntut ilmu selama 3 Tahun, saya mengambil jurusan Teknik Komputer & Jaringan yang terbilang jurusan baru di sekolah ini. Disini Saya dibentuk menjadi seorang siswa didik yang mempunyai mental baja dan siap terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus nanti. Dan di sini juga saya mendapatkan pelatihan berupa Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) atau istilah lainnya Magang, di sebuah perusahaan selama kurang-lebih 3 Bulan lamanya. Kemudian saya lulus pada tahun ajaran 2012/2013.

Setelah lulus, saya coba melawar di beberapa perusahaan. Dan akhirnya saya di terima bekerja di sebuah perusahaan di daerah kawasan industry cibitung, Bekasi. Perusahaan ini memproduksi & merakit komponen-komponen mesin printer dari salah satu merk printer ternama, yaitu Epson. Bisa di bilang perusahaan saya ini vendor nya Epson. Saya bekerja di bagian pergudangan nya yang berperan dalam proses supply komponen dari bagian Produksi ke bagian Perakitan. Biasa nya bagian saya ini di sebut PIC Rack, dimana PIC berarti Person In Charge atau Orang Yang Bertanggung Jawab, dengan kata lain saya orang yang bertanggung jawab atas suatu Rack / Area penyimpanan barang dan membantu menyedia nya barang (men-supply) nya untuk bagian Distribusi barang ke bagian Perakitan. Saya berapa di bawah Divisi Logistik dan Departement Warehouse. Di sini saya bekerja dengan beberapa orang dalam satu team saya dan bisa dibilang saya adalah yang paling muda, karena rata-rata dari mereka sudah berkeluarga dan bahkan Leader atau Frontman di team kami usia mungkin sudah hampir menginjak kepala 4, menurut pengamatan saya. Bergaul dengan yang lebih tua tidak membuat saya canggung atau malu, mungkin karena sifat saya yang dari dulu cepat akrab dengan teman atau kenalan baru. Di tempat ini saya mendapat banyak sekali ilmu, terutama dari rekan-rekan kerja satu team saya. Mungkin karena usia mereka yang jauh diatas saya, jadi mereka lebih sering mengajarkan dan menuntun saya untuk mengetahui bagaimana cara bekerja dengan baik, bertanggung jawab pada pekerjaan serta pengetahuan dan ilmu-ilmu yang menyangkut profesi ini.
Saya bekerja selama kurang lebih 1 Tahun di Perusahaan ini, setelah kontrak kerja saya tidak di perpanjang dan akhirnya saya harus resign dari pekerjaan ini tepat pada Bulan Ramadhan sudah memasuki minggu ke-2 di tahun 2013. Di saat hari raya segera tiba, saya justru menjadi Pengangguran.

Setelah kurang lebih 3 Bulan saya menjadi Pengangguran, saya mendapat kesempatan kembali untuk bekerja lewat informasi dari guru saya semasa sekolah di SMK. Secara tidak sengaja saat saya sedang menghubungi beliau lewat telepon, ternyata beliau menawarkan pekerjaan ini. Beliau menginformasikan jikalau ada lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan yang membutuhkan Staff IT, sangat sesuai dengan apa yang saya pelajari selama di SMK dan berbeda dari pekerjaan saya yang sebelumnya sangat berbeda dengan jurusan saya.
Kemudian saya coba melamar melalui referensi adik kelas saya yang ternyata sudah terlebih dahulu masuk kerja di perusahaan ini. Saya datang interview ke alamat perusahaan yang berada di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan di temani seorang sahabat saya semenjak kami duduk di bangku SMK.
Sekitar seminggu kemudian, di hari sabtu saya di telepon oleh pihak perusahaan bahwa saya di terima dan sudah bisa mulai bekerja pada hari senin mendatang.
Kemudian saya mulai perkerjaan sebagain IT Support atau IT Technical Support yang juga biasa di sebut Teknisi Komputer. Perkerjaan saya tentu saja berhubungan dengan IT, berhubungan dengan Komputer dan Perangkat-perangkat pendukung nya. Namun sesuai nama nya Technical,maka saya lebih focus ke masalah teknis dan lebih berhadapan langsung kepada End User sebelum di tangani lebih lanjut oleh Specialist atau bagian lain yang memang khusus untuk menangani masalah tertentu. Seperti misalnya Networking Specialist untuk menangani masalah Jaringan seperti koneksi Internet, Wifi, Cbling dan lain-lain atau juga System Administrator yang menangani masalah Email Client, Management Server, User Access dan sebagainya. Sedangkan untuk End User sendiri adalah si pengguna komputer.
Setelah sekitar 1 Tahun saya bekerja dan melewati 2 kali periode kontrak kerja yang dimana setiap periode berjalan selama kurang-lebih 6 bulan, akhir nya saya di angkat menjadi karyawan tetap. Saya bersyukur, karena dengan begini setidaknya status saya di perusahaan ini sudah jelas dan saya tidak perlu mengkhawatirkan mengenai perpanjangan kontrak atau status saya kedepan nya lagi. Selama bekerja disini saya mendapatkan banyak Pengalaman dan Pengetahuan yang tidak saya dapatkan di tempat lain, terutama hal-hal yang mengenai dunia IT. Selain itu, rekan-rekan kerja dalam satu Team IT ini juga sangat baik-baik dan enak untuk bergaul baik di lingkup pekerjaan maupun di luar lingkup pekerjaan. Meskipun beberapa dari mereka sudah berkeluarga dan memiliki anak. Atasan saya pun saya mengerti dan tidak menekan saya dalam hal pekerjaan.

Pada Tahun 2014, setelah saya diangkat menjadi Karyawan Tetap di perusahaan tempat saya bekerja sebagai IT Support saya memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan saya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Karena saya beefikir akan sangat disayangkan jika saya hanya berhenti di jenjang SMK. Meskipun terkadang memang kemampuan dan keterampilan yang paling di butuhkan, namun kenyataan nya banyak perusahaan atau bahkan perorangan yang menilai dari latar belakang pendidikan, baru setelah itu mereka menilai dari kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Dan lagi pula bisa menjadi batu loncatan untuk saya agar dapat memperbaiki keadaan saya sekarang ini baik dari segi pekerjaan dan segi ekonomi yang akan saya dapatkan nanti dari perbaikan pekerjaan.
Mulai saat itu saya coba cari referensi kesana-kemari. Karena saya mempunyai basic pendidikan TKJ dan saya juga bekerja di bidang IT, akhirnya saya memutuskan untuk meneruskan ke bidang yang sama. Selain itu, saya juga mencari yang memiliki kelas karyawan atau kelas malam agar saya bisa menjalani kegiatan perkuliahan sambil saya bekerja. Setelah saya cari referensi kesana kemari, akhirnya saya di hadapkan pada 2 pilihan kandidat terkuat, yaitu STMIK Bani Saleh yang ada di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Timur dan Universitas Gunadarma, namun bukan yang di depok melainkan yang berada di Jalan KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi.
Akhirnya saya memutuskan untuk memilih Universias Gunadarma, karena masukan dan referensi dari teman-teman saya yang sudah masuk disini. Selain itu juga saya banyak melihat di beberapa website untuk fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi yang ada disini memiliki akreditasi yang cukup bagus.


Saya coba mendaftar dan mengisi formulir, setelah itu saya di informasikan mengenai Ujian yang harus di jalani. Karena disini aada semacam Ujian Saringan Masuk (USM) yang mana nanti akan menentukan Grade atau Tingkatan yang di bagi 3, yaitu Grade A+, Grade A serta Grade B yang mana nanti setiap Grade akan menentukan biaya perkuliahan yang harus di penuhi. Untuk Grade teratas atau Grade A+, mendapatkan Beasiswa yang membuat biaya perkuliahan menjadi berkurang sekitar setengah atau 50% dari biaya yang harus di penuhi. Sementara Grade A hanya mendapatkan Beasiswa sekitar hanya 20-30% saja dari Total kesluruhan biaya. Dan terakhir Grade B tidak mendapatkan potongan sama sekali.
Setelah saya ikuti ujian, ternyata saya mendapatkan Grade A dan saya masuk di jurusan SI (Sistem Informasi) kelas malam. Jurusan ini lebih mengarah ke Analis, jadi mempelajari System Komputer dan menganalisa nya tetapi tidak membangun nya atau depelovment. Begitu kira-kira yang saya tangkap dari penjelasan beberapa teman saya yang sudah alumni atau pun masih menjalani perkuliahan di jurusan ini. Kami masuk di jam malam, yang di mulai sekitar pukul 17:30 dan jam terakhir sekitar pukul 20:30 sampai 21:30 WIB tergantung jadwal perkuliahan yang ada.
Hingga saat ini saya sudah memasuki Semester 3, masih panjang perjalanan saya untuk bisa meraih gelar Sarjana. Saya akui memang sangat berat dan melelahkan menjalani kuliah sambil kerja seperti ini. Terkadang menyita waktu saya yang seharusnya saya gunakan untuk beristirahat setelah seharian bekerja, apalagi untuk pergi bermain dengan teman-teman saya. Terkadang juga sulit untuk saya berfikir dan mencerna pelajaran yang di berikan oleh dosen, mungkin karena tubuh saya sudah terlalu lelah untuk saya gunakan untuk menjalankan otak untuk berfikir. Walaupun begitu saya harus tetap optimis dan menjalani dengan sungguh-sungguh serta penuh semangat demi masa depan saya nanti. Sesulit apapun pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik nanti nya jika kita menjalani nya dengan sungguh-sungguh.

Selain IT, saya juga menyukai Fotografi dan Musik. Saya sempat mengikuti beberapa komunitas fotografi seperti KFB (Komunitas Fotografi Bekasi) yang bermarkas di daerah Tambun, Bekasi dan IXP (Indonesian Xperia Photography) untuk Chapter Jakarta yang mana lebih berfokus ke Fotografi Ponsel, khususnya Ponsel Xperia yang di produksi oleh Brand ternama sekelas Sony.
Di KFB saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru tentang dunia fotografi, bertemu dengan para professional di bidang ini, serta memperluas pergaulan saya. Sebenarnya saya bergabung disini pun karena ajakan dari sahabat saya yang juga mempunyai hobi fotografi. Semua anggota nya bisa di bilang baik dan mau berbagi ilmu, dan saya sangat dekat dengan ketua anggota dan beliau sering berbagi pengalaman dan ilmu nya kepada saya.
Di IXP pun saya bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai kalangan dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai dunia fotografi posel yang mana akhir-akhir ini menjadi trend baru semenjak perkembangan ponsel yang sudah dapat di fungsi kan sebagai Kamera untuk fotografi slain di fungsi kan sebagai alat komunikasi. Tidak jarang kita juga berbagi pengetahuan lain diluar dunia fotografi ponsel lewat Group Chating pada aplikasi WhatsApp.
Sementara untuk dunia music, mungkin untuk saat ini saya hanya bisa sebagai penikmat music dan pendengar musik dari beberapa Genre seperti Pop, Rock, Jazz, Reggae, hingga yang mungkin terbilang jarang atau Antimainstream bagi anak seumuran saya bekangan ini seperti Dangdut, Country, Blues, dan lain-lain. Meskipun hanya sebagai penikmat, saya masih tetap menyimpan mimpi saya di masa kecil yang ingin memiliki sebuah band atau menjadi musisi professional.
Terkadang saya juga sering membuat lirik yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari dan masalh pribadi, namun hanya menjadi catatan pribadi saja karena saya tidak pernah mencoba untuk terjun ke dunia music. Karena dari ayah saya yang agak kurang setuju dan lebih mendukung pekerjaan saya yang kerang. Seain itu juga kesibukan yang lumayan padat sebagai seorang karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan dan sebagai seorang mahasiswa. Mungkin suatu saat akan saya wujudkan mimpi tersebut di saat yang tepat untuk sekedar melampiaskan hobi ini.

Demikianlah otobiografi ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dan merupakan kisah nyata dalam kehidupan saya sehari-hari dan menjadi bagian dalam cerita perjalanan kehidupan saya di dunia ini. Mohon maaf apabila dalam penulisan ada kata-kata saya yang tidak enak atau menyinggung sesuatu atau seseorang. Semoga bisa menjadi manfaat atau bahkan mungkin menjadi inspirasi bagi yang membaca tulisan ini.

No comments:

Post a Comment