Friday 15 November 2013

Mengenal Sistem Bilangan Dalam Dunia Komputer dan Jaringan / IT

Apa kabar semua, sudah lama saya tidak meng-update Blog ini. whehehe :D
Sekarang saya ingin memposting tentang Konversi Bilangan, mumpung ada koneksi gratis. . whahahaha xD

Kali ini kita akan mempelajari tentang Bilangan-Bilangan yang biasa dipelajari dalam dunia Komputer dan Jaringan / dalam dunia IT/TIK. Sebelumnya, kita mengetahui bahwa di dunia matematika ada banyak jenis Bilangan yang dapat kita pelajari, seperti Bilangan Desimal, Bilangan Bulat, Bilangan Cacah, Bilangan Irasional, Bilangan Rasional, Dll. Namun dalam Dunia IT atau TIK terutama di bidang jaringan ada 4 jenis bilangan yang biasa kita pelajari, bilanga-bilangan tersebut antara lain adalah Bilangan Desimal, Bilangan Biner, Bilangan Oktal, dan Bilangan Heksadesimal.

Apa itu Bilangan Desimal ?
Bilangan Desimal atau Sistem Bilangan Desimal, ialah Sistem bilangan Basis 10, yaitu bilangan yang terdiri atas 10 macam angka. Di mulai dari 0 sampai dengan 9 (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9), setelah angka 9 (sembilan) , angka di depan di tambah 1 dan angka di belakang kembali ke Basis pertama yaitu 0 (nol). Misalnya 9, jika ditambah satu menjadi 10, karena jika dijabarkan 9 = 09 menjadi 10, atau 19 menjadi 20, Begitu seterusnya. Atau untuk lebih jelasnya bisa di lihat disini -> Sistem Bilangan Desimal
Atau tanya sama Mbah Google ! 



Lalu, apa itu Bilangan Biner ?

Mungkin akan terdengar asing bagi anda mengenai istilah Bilangan Biner, apalagi jika anda belum pernah mengenal tentang dunia IT / TIK sebelumnya.

Sebenarnya, apa sih Bilangan Biner itu?
Simple saja, Bilangan Biner atau Sistem Bilangan Biner ialah bilangan basis 2 yang hanya terdiri atas angka 0 (nol) dan 1 (satu). jadi dimulai dengan 0, kemudian 1, 10, 11, dst. jadi setelah angka 1, kembali ke angka 0.
Lebih jelasnya, klik saja link ini -> Sistem Bilangan Biner

Nah, kalau Oktal ? Apakah itu nama orang ? 

Hah ?!! Jelas bukan gan, whahahaha. .
mungkin agak mirip dengan nama orang, tapi sebenarnya Bilangan Oktal atau Sistem Bilangan Oktal ini ialah Sistem Bilangan Basis 8 dengan dimulai dari angka 0 (nol) sampai 7 (tujuh) menjadi (0,1,2,3,4,5,6,7), kemudian setelah angka 7 kembali ke angka 0 dan angka di depan di tambah 1 (7=07 menjadi 10). Lebih jelas nya lihat disini yah -> Sistem Bilangan Oktal

Terakhir, Bilangan Heksadesimal?
Apa masih saudara an sama Si Desimal tadi? 



Ya. .mungkin bisa dibilang begitu. Karena angka yang digunakan sama, yaitu angka 0 sampai 9, tetapi ditambah 6 lagi, yang kemudian digantikan dengan Huruf. Huruf-huruf Tersebut adalah Huruf A sampai F, sehingga jika dijabarkan menjadi (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F) dengan kata lain Sistem Bilangan Heksadesimal merupakan Sistem Bilangan Basis 16. Setelah F, kembali ke 0 dan angka depan di tambah 1.
Contoh : F=0F menjadi 10 dan 2F menjadi 30.
Disini lebih jelas nya -> Sistem Bilangan Heksadesimal

Berikut Contoh Tabel nya :
























































Ket.


DEC = Desimal
BINER = Biner
HEXA = Heksadesimal
OKTAL = Oktal


Sekian dari saya, akan kita sambung ke posting selanjutnya.
Wassallam. . :)









No comments:

Post a Comment