Tuesday 20 December 2016

Natural Language Interface To Database



INTERAFACE

Antarmuka atau Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna atau user dengan sistem. Interface dapat menerima informasi dari user dan memberikan informasi kepada user untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.



Jenis-Jenis Interface

Ø  Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.



Ø  Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.

Ada 5 tipe utama interaksi untuk interaction pada Graphical interface :

1.       Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan :  Waktu pembelajaran sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan :  Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.



2.       Menu selection – pilihan berbentuk menu :  Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan :   tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert   dibanding command language.



3.       Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.



4.       Command language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk   biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu



5.       Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.





 
NATURAL LANGUAGE USER INTERFACES


Natural language User Interfaces (LUI atau NLUI) adalah jenis Antarmuka Komputer dimana Fenomena Linguistik seperti Kata Kerja, Frase dan Klausa berperan sebagai pengendali User Interface (UI) untuk membuat, memilih dan memodifikasi data dalam aplikasi perangkat lunak.



Dalam Desain Antarmuka Natural language Interface mencari-cari kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan, tetapi yang paling membawa derita adalah tantangan untuk memahami berbagai jenis masukan yang ambigu. Natural language Interface adalah area aktif untuk pembelajaran dalam bidang pengolahan dan komputasi linguistik pada natural language. Antarmuka umum Natural language Interfaceadalah salah satu tujuan aktif dari Semantic Web.



Antarmuka Teks itu “Natural” untuk beberapa tingkatan. Banyak bahasa pemrograman resmi (tidak alami) menggabungkan idiom bahasa alami manusia.








NATURAL LANGUAGE INTERFACE TO DATABASE


Penggunaan bahasa alami, bahasa keseharian seperti bahasa Indonesia dalam era internet sekarang bukan lagi merupakan domain ilmu sosial saja namun juga ilmu eksak seperti komputasi dengan tujuan interoperabilitas (Wicaksana,dkk, 2005). Semakin banyak dan beragamnya asal pengguna komputer dari berbagai negara yang terhubung dalam internet dan semakin besarnya data yang ada menjadikan kemudahan untuk mendapatkan data sesuai yang diharapkan oleh pengguna adalah sebuah keniscayaan. Sebagai contoh misalkan seorang pengguna internet dari Indonesia akan mengharapkan dapat menggunakan bahasa ibunya untuk mendapatkan informasi. Natural Language Processing (NLP) sebagai salah satu bidang ilmu komputer yang mempelajari interaksi komputer dengan bahasa yang digunakan secara umum dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan teknik yang bertujuan bagaimana komputer memahami bahasa alami manusia dipelajari dalam NLP. Bahasa alami yang digunakan oleh manusia dari berbagai negara akan memiliki perbedaan dalam bentuk penulisan dan pengucapan. NLP dapat digunakan untuk melakukan pengambilan kembali informasi (information retrieval) (Lewis dan Jones, 1996), baik dengan menggunakan penulisan ataupun diucapkan. Penelitian ini melakukan implementasi NLP untuk mendapatkan informasi dari data yang tersimpan dalam sistem basis data relasional.



Gagasan menggunakan bahasa alami ( Natural Language )  selain SQL  telah mendorong pengembangan baru jenis pengolahan data yang disebut dengan Natural language Interface To Database . Natural Language Interface to Database  adalah sebuah langkah menuju perkembangan dari system database cerdas ( Intelligent Database System ) untuk meningkatkan pengguna dalam melakukan kemudahan dalam penggunaan database .





Tujuan  Natural Language Interface To Databases

1.                   Memungkinkan pengguna untuk menyusun pertanyaan dalam bahasa alami ( natural language )  dan menerima respon .



2.                   Memudahkan dalam mengakses data dari system database terutama bagi pemula yang tidak mengerti query  database seperti SQL .



3.                   Memungkinkan pengguna untuk hanya memasukan query  dalam bahasa inggris dengan antarmuka natural language database .







Kelebihan & Kekurangan

Keuntungan sistem NLIDB The NLIDB memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan database dalam banyak cara yang sama mereka berkomunikasi satu sama lain.

·         Tidak ada persyaratan Bahasa Buatan: Salah satu keuntungan dari NLIDB adalah bahwa pengguna tidak dipaksa untuk belajar bahasa komunikasi buatan. bahasa query formal seperti SQL sulit untuk belajar dan menguasai, setidaknya oleh spesialis non-komputer.

·         Sederhana dan mudah digunakan: Natural Language Interface sangat sederhana dan mudah digunakan karena pengguna menulis pertanyaan dalam bahasa asli.



·         Tidak perlu Pelatihan: Tidak ada pelatihan khusus dibutuhkan sebelum menggunakan Natural Language Interface. Hal ini sangat user friendly dan mudah digunakan oleh pengguna non-pakar end.



·         Mudah digunakan untuk beberapa tabel database: Pertanyaan yang melibatkan beberapa tabel database seperti sulit untuk membentuk interface pengguna grafis dibandingkan dengan Natural Language Interface.



·         Lebih baik untuk beberapa pertanyaan: Telah dikemukakan bahwa ada beberapa jenis pertanyaan (misalnya pertanyaan yang melibatkan negasi, atau kuantifikasi) yang dapat dengan mudah dinyatakan dalam bahasa alami, tapi itu tampaknya sulit (atau setidaknya membosankan) untuk mengekspresikan menggunakan grafis atau berdasarkan bentuk-interface.



Kekurangan sistem NLIDB. NLIDB  telah dikembangkan sejauh dipakai untuk tujuan bisnis tetapi penggunaan sistem NLIDB tidak luas menyebar dan itu bukan pilihan utama untuk interfacing ke database. Kurangnya penerimaan terutama disebabkan oleh sejumlah besar kekurangan yang diberikan di bawah ini:

·         Linguistik tidak jelas: Saat ini semua sistem NLIDB dapat memahami beberapa subset dari bahasa alami tetapi sangat sulit untuk menentukan subset ini. Bahkan beberapa sistem NLIDB tidak dapat menangani permintaan tertentu milik subset mereka sendiri. Ini bukan kasus bahasa formal seperti SQL. Karena cakupan bahasa formal jelas dan memberikan jawaban yang sesuai dari pernyataan yang mengikuti aturan yang diberikan.



·         Linguistik vs kegagalan konseptual: Ketika sistem NLIDB gagal, sistem tidak memberikan penjelasan tentang apa yang menyebabkan sistem gagal. Beberapa pengguna mencoba untuk ulang kata-kata pertanyaan atau hanya meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab .



·         Tidak Pantas Medium: Telah dikemukakan bahwa bahasa alami bukan merupakan media yang tepat untuk berkomunikasi dengan sistem komputer. bahasa alami diklaim terlalu verbose atau terlalu ambigu untuk interaksi manusia-komputer [7]. pengguna NLIDB harus mengetikkan pertanyaan lama, sementara di antarmuka berbasis form hanya bidang harus diisi, dan antarmuka grafis sebagian besar pekerjaan dapat dilakukan dengan mengklik mouse. Dalam antarmuka pengguna bahasa alami memiliki mengetik kalimat penuh dengan semua connecters (artikel, preposisi, dll) tapi di grafis atau bentuk antarmuka berbasis tidak diperlukan




CONTOH NATURAL LANGUAGE INTERFACE TO DATABASE


Ada banyak aplikasi yang dapat mengambil keuntungan dari NLIDB. Seperti pada era sekarang sudah banyak beredar ponsel pintar (Smartphone) yang dapat di perintahkan hanya dengan perintah suara, dan kemudian system ponsel tersebut akan membaca per kata dengan mencocokan dengan yang ada di dalam database nya. Hanya dengan menggunakan Natural Language manusia, aplikasi seperti SIRI dari Apple atau Google Now bisa memberikan informasi yang di ambil dari database mereka. Contoh lain adalah pada Query SQL kita tidak perlu memasukan perintah yang rumit untuk mengelola informasi pada Database, cukup menggunakan Query seperti SHOW TABLES, CREATE DATABASE, SELECT FROM.
Yang mana query-query tersebut merupakan Natural Languague dari manusia (Bahasa Inggris).




KESIMPULAN & OPINI


Dengan Natural Languague To Database, semakin mudah dan cepat nya informasi dapat di ambil dari database yang tersedia tanpa harus terlebih dahulu mengubah bahasa alami manusia (Natural Language) menjadi bahasa yang dapat di mengerti Komputer ataupun sebaliknya. Sehingga lebih effisien juga dalam penerapan nya ke beberapa aplikasi.
Dengan Natural Language juga manusia semakin mudah dalam melakukan proses Input maupun Output Data  pada Sistem berbasis Komputer.
Menurut saya perlu adanya penelitian dan pengujian lebih lanjut agar tiap kata atau kalimat yang di baca oleh sistem bisa benar-benar sesuai dengan yang di masukan oleh user. Agar mengurangi ada nya masukan yang ambigu dan meminilaisir kesalahpahaman sistem dalam membaca maksud dari kata atau kalimat tersebut.


No comments:

Post a Comment