Thursday 15 December 2011

Teknik Manipulasi GIMP : Merubah Warna Rambut Menjadi Coklat..

    Pada Kesempatan ini, saya akan membahas Tentang Manipulasi Warna Rambut Hitam menjadi Kecoklat-coklatan dengan menggunakan Software GIMP Versi 2.6.
Seperti yang telah saya bahas pada postingan sebelumnya, GIMP adalah Software Alternatif pengganti Photoshop.Untuk Lebih lanjut, klik disini !


Berikut adalah langkah-langkahnya :

1.Jalankan Software GIMP yang telah terinstal pad Komputer anda.


2.Buka Foto anda dengan klik Menu 'File', pilih 'Open'.

3.untuk menambahkan kecerahan & pencahayaan pada Foto anda, tambahkan adjustment pada Layer. klik menu 'Colors', pilih Curves.

4.Aturlah Kecerahan & pencahayaan sesuai keinginan anda, dengan cara men-drag keatas dan kebawah garis Diagonal yang ada ditengah-tengah. setelah sesuai, klik OK.



5.Pada Tab Layer, Klik Kanan Layer Foto anda dan pilih 'Duplicate Layer'

6.Pilih pada Layer yang telah diDuplikat atau diCopy tadi. Kemudian klik Menu 'Colors', pilih 'Colorize'.

7.Aturlah nilai 'Hue' menjadi 29, 'Saturation' menjadi 36, dan 'Lightness' menjadi 5. Pilih OK.

8.proses Selanjutnya adalah proses Masking. Pertama, pilh 'Paint Brush Tool' pada Tab Tool Box.

9.kemudian, atur nilai 'Opacity' Brush sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan, agar pada proses Masking gambar dapat terseleksi dengan halus. pada kali ini saya mengatur nilai 'Opacity' menjadi 36.4.

10.sesuaikan pula ukuran (Scale) Brush, anda dapat mengetik tombol "[" untuk mengecilkan atau "]" untuk membesarkan ukuran.

11.Sebelum memulai proses Masking, anda harus menambahkan Layer Mask pada Layer yang ingin diMasking. klik kanan pada layer yang tadi diubah menjadi coklat, pilih 'Add Layer Mask'.

12.Pilih 'White (Full Opacity), klik OK.

13.Mulai proses Maksing secara perlahan dari pinggir gambar, bagian wajah, baju dan bagian lainnya selain Rambut.

14.Selanjutnya, karena pada gambar saya ini Modelnya menggunakan Aksesoris Bando. Maka saya melakukan Masking pada gambar bando tersebut.

15.Zoom in pada gambar jika anda ingin melakukan secara lebih detail, dengan klik Menu 'View', pilih 'Zoom', pilih 'Zoom In'


16.Setelah selesai, klik Menu 'View', pilih 'Zoom', pilih 'Fit Image In Window'. Untuk merubah ukuran Gambar Penuh. Lihatlah Hasilnya, kini Warna Rambutnya Telah berubah menjadi Kecoklat-coklatan.



17.Kemudian, klik kanan pada layer yang tadi telah dimasking, pilih 'Apply Layer Mask' untuk menggapllikasikan Efek.

18.Setelah Selesai, anda dapat menyimpan Foto Tersebut dengan klik Menu 'File', pilih 'Save As', beri Nama, pilih Format yang anda inginkan, pilih OK.






Demikianlah Teknik Manipulasi dari saya, Semoga dapat membantu. Terima Kasih Telah Membaca Blog Ini!
:D

No comments:

Post a Comment